top of page
  • Gambar penulisputra tundan

Ujian kemampuan Bahasa Jepang

Diperbarui: 14 Feb 2023


Banyak orang asing yang ingin berkunjung ke Jepang, seperti misalnya untuk belajar, berwisata, atau bahkan untuk bekerja. Dengan berbagai fasilitas umum yang begitu memadai, serta kondisi lingkungan yang sangat teratur, semakin membuat Jepang diminati. Selain itu kondisi populasi di Negara jepang semakin hari semakin menurun, membuat Jepang menjadi kekurangan orang/populasi. Hal ini juga diperparah dengan kurang minatnya masyarakat Jepang untuk menikah dan berpasangan. Disamping karena alasan pribadi, biaya hidup yang mahal, juga menjadi salah satu alasan masyarakat Jepang untuk enggan menikah.


Maka dari itu banyak warga negara Asing ingin datang ke Jepang, dengan harapan dapat merubah nasib/merubah kondisi mereka di negara asal menjadi lebih baik jika bisa pergi ke Jepang. Namun, karena Masyarakat Jepang dikenal juga masyarakat yang homogen cukup susah untuk beradaptasi dengan Bahasa asing dan juga orang asing. Oleh karena itu untuk tetap memfasilitasi dan orang jepang juga agar bisa berkomunikasi dengan orang asing, maka dibuatlah Bahasa jepang khusus orang asing dan standar kemampuan level Bahasa Jepangnya. Yang lebih familiar dikenal JLPT (Japanese Language Proficiency Test).


Apa itu JLPT

JLPT(Japanese Language Proficiency Test) adalah sebuah test standar yang dibuat pemerintah Jepang untuk mengukur kemampuan pembelajar bahasa Jepang dari seluruh Negara. JLPT sudah menjadi bagian yang biasa bagi seseorang yang sedang belajar Bahasa Jepang. Seseorang jika belajar Bahasa Jepang sudah pasti ingin lulus JLPT. JLPT adalah ujian kemampuan dengan berbagai tingkatan. Dengan urutan N1,N2,N3,N4,N5. Yang tertinggi adalah N1 dan yang terendah adalah N5. Semakin besar angka dibelakang N maka level Bahasa Jepangnya semakin baik(*namun ada juga segelintir orang yang punya sertifikat n2, bagus dalam penerjemahan tulisan tapi kurang cakap dalam kemampuan penerjemahan lisan)


Bahasa jepang level N1 ini, adalah level test Bahasa jepang dalam JLPT yang paling sulit, bahkan untuk level orang jepang pun kesusahan untuk menjawab soal-soal level N1. Disamping kosakata yang dipakai sulit, dan cenderung tidak dipakai dalam aplikasinya berbicara Bahasa jepang yang umum. Jenis soalnya juga membuat peserta kesusahan mencari inti dalam setiap pertanyaan khususnya pada kasus soal bacaan atau istilah persamaan arti. N1 juga banyak sekali menggunakan haruf kanji yang sangat asing/ susah dipahami juga rumit dalam penulisannya.


JLPT N2 adalah tahapan ujian JLPT satu level dibawah N1, namun dari segi kesulitan sangat beda jauh dari N1. Jika N1 tidak mungkin lulus dengan tanpa persiapan, N2 masih ada kemungkinan lulus tanpa persiapan kalo masing sering membaca bacaan dalam Bahasa jepang atau sering mendengarkan dan berbicara dalam Bahasa jepang. Bukan jaminan yaa.. lebih baik tetap dipersiapan. Sedang level N3, adalah level menengah. Yang biasanya jika sudah bisa lulus JLPT N3 kurang lebih sudah bisa berbicara dalam Bahasa jepang untuk level percakapan sehari-hari. N4 dan N5 adalah awal dari belajar Bahasa jepang yang wajib dilewati jika ingin berjuang dan bertahan dalam lingkup Bahasa Jepang.


Mari kita bahas bagaimana cara mendaftar JLPT

Ujian JLPT dilaksanakan serentak pada waktu yang sama baik di Jepang maupun diluar Jepang. Kalau di Indonesia JLPT diadakan dua kali di beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Misalkan : Jakarta, Jogjakarta, Surabaya, Medan, Makassar, Denpasar.

Namun dari sekian kota itu tidak semua punya kesempatan bisa mengadakan ujian JLPT satu tahun dua kali, setahu Saya kalau di Surabaya dan Jakarta diadakan dua kali dalam satu tahun. Untuk kota yang lain Saya kurang tahu, nanti bisa dicek sendiri di website JLPTnya secara langsung yaa.


Untuk cara daftarnya kurang lebih sama seperti daftar test Bahasa Asing pada umumnya. Seperti mengiisi daftar diri dan mau ambil test di mana. Terus mau ikut level berapa ? jika semua sudah di isi, tinggal nunggu konfirmasi melalui email. Jika sudah dapat konfirmasi melalui email baru kita tau jika kita bisa ikut ujian dan sebelum proses selesai. Untuk tidak lupa bayar terlebih dahulu yaa. Jika semua sudah dilakukan tinggal tunggu saja nanti akan dapat konfirmasi email lagi harus ujian dimana, ruang berapa, kamu nomer ujian berapa dan detail pelaksaan ujian akan diberitahukan menyusul mendekati hari ujian yang ditentukan.


Jika ambil ujian JLPT di jepang, prosesnya hampir sama. Namun, kita harus buat akun terlebih dahulu di website Myjlpt. Jika kita sudah buat akun dan update data diri disitu, kita tinggal tunggu pendaftaran dibuka. Udah deh tinggal daftar dan nanti bisa bayar di kombini kombini terdekat. Untuk nomer peserta ujian akan dikirim lewat jasa penggiriman. (Owari)

12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Osaka

Kota ini sebenarnya bukan tempat tinggalku, Tidak juga kampung halamanku, Jauh dari rumahku, Bahkan, Jauh dari Negriku Osaka.. Aku bahkan...

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page